How to Open Iso File

1.Cara Menyeting ePSXe
Selesai download, extract dengan winRAR di mana saja. Lalu akan keluar folder ePSXe 170 (di sebelahnya ada folder epsxe, itu versi sebelumnya). Jalankan programnya yg ber-icon joystik PS.

Lalu akan muncul jendela programnya. Klik config, dan pilih wizard guide.

Klik config>> dan next>> sampai tombol done. Bila tidak ada error massage yang keluar maka plugin sudah siap. Kalau mau mensetting plugin, misalnya mengubah ukuran layar fullscreen atau window atau setting sound dan lainnya tinggal pilih config dan pilih yang mau diubah (penjelasan lebih rincinya mungkin akan panjang).
Saatnya memulai game. Ada dua cara untuk memainkan game playstation ke dalam program ini, dengan memasukkan keping cd nya ke diskdrive atau dengan menjalankan file bertipe iso.
Bila anda punya cd gamenya, masukkan ke dalam diskdrive. Jangan lupa mensetting Plugin cdrom-nya dulu. Pilih config, klik cdrom, klik configure, lalu ganti “select cdrom letter” dengan diskdrive tempat anda memasukkan CD. Jika anda hanya punya satu cdrom pilih saja Firstcdrom. Jika lebih dari satu lebih baik sesuaikan letternya (pilihan firstcdrom mungkin bisa dipakai). Klik ok.

Sekarang pilih File > klik Run CDRom. Tunggu sampai gambar keluar pada jendela yang terbuka.
Settingan default yg saya buat :
  • bios : scph 1001 USA
  • Video : Pete’s D3D Driver (fullscreen, 800×600, 16bit, texture : don’t care, auto detect FPS)
  • Sound : Pete’s MIDAS Audio Driver (Mixrate 44100, 16 bit stereo).
  • CDrom : ePSXe CDR WNT/W2k Core .
  • Joystick : scph-1080 digital (jika pakai keyboard lihat/ubah tombolnya di config > Game Pad).
  • Memory Cards : Slot 1 (epsxe000.mcr ), slot 2 (epsxe001.mcr).
  • Hasilnya standar PSX biasa.
Sedikit pengalaman, epsxe ini adalaha emulator yg hampir kompatibel dengan seluruh game PSX. Beberapa game yg telah saya mainkan : FF IX (usa), Harvest Moon BTN, Rainbow six, digimon2-3, winning eleven, FF origins, civillization, FFTactic, saiyuuki, sim city, sim hospital dan sim theme park.

2.Cara Membuka File ISO
 Selesai menkonfigurasi, jangan senang dulu. Perjalanan kita masih panjang. Isi HP dan MP anda terlebih dahulu sebelum lanjut ke bagian berikutnya. Pada bagian ini saya akan menjelaskan pada anda jenis-jenis file ROM yang bisa dimainkan pada ePSXe.

Jika anda mendownload game dalam format ini, berbahagialah anda karena anda bisa langsung memainkan game tersebut. Saya beri contoh game Harvest Moon Back to Nature milik saya.

Jalankan ePSXe. Klik menu File lalu pilih Run ISO. Pilih file Harvest Moon - Back To Nature.iso lalu open.

Maka game pun berhasil dijalankan !


2.file BIN
Hampir sama dengan file ISO, game dengan format BIN juga langsung dapat dimainkan. Caranya pun sama. Disini saya menggunakan game Suikoden.

Klik File lalu Run ISO. Kemudian pilih file Suikoden.bin lalu klik open. Maka game Suikoden pun dapat dimainkan !


3.file IMG
Masih sama dengan format ISO maupun BIN. Sebagai contoh akan saya gunakan game Legend of Legaia. Dalam file archivenya terdapat 3 file (sejujurnya saya nggak tau untuk apa 2 file lainnya).

Yep seperti biasa pilih file lalu Run ISO. Pilih Legend of Legaia.img lalu open. Congrats game berhasil dijalankan !


4.file ECM
Format ini cukup merepotkan karena harus terlebih dahulu mendownload sebuah software bernama ECM. Untuk penjelasan ini saya menggunakan game Suikoden II. Pertama - tama extract file ECM.rar lalu masukkan file yang berformat EM tersebut ke folder ECM.
Lalu drag (tahan) file tersebut ke file unecm.exe seperti berikut ini.
Maka akan muncul jendela seperti ini.
Tenang saja tunggu sampai selesai. Setelah 100% akan ada file baru berformat BIN jalankan file tersebut dengan ePSXe seperti biasa.


5.file MDF
Format yang terakhir adalah format MDF. Game berformat ini agak rumit. Tapi jika anda terbiasa menggunakan Daemon Tools maka hal ini akan semudah membalik telapak tangan. Kali ini saya memakai game Vagrant Story untuk dijadikan contoh.

Pertama anda harus menginstal Daemon Tools terlebih dahulu. Maka akan ada icon Daemon di sudut kanan bawah seperti berikut.

Kemudian klik kanan pada icon tersebut, pilih Virtual CD/DVD-ROM. Pilih set number of devices menjadi 1 drive. Kemudian mount image file MDF tersebut.

Setelah itu jalankan ePSXe Lalu pilih Config Cdrom Plugin. Pilih Configure. Kemudian pada pilihan drive pilih drive yang telah di mount tadi (misalnya pada PC saya drive H:). Lalu ok. Setelah itu pilih File kemudian Run CDROM. Game berhasil dijalankan!

Wah panjang juga yah postnya. Terima kasih sudah membaca :D

Posting Komentar - Back to Content